Jumat, 26 Maret 2010

Kenapa Pungli tidak bisa Hilang di Bumi Indonesia

Pungli merupakan suatu tindakan diluar prosedur yang kadang-kadang dilakukan antara dua pihak, aparat dan yang membutuhkan pelayanan public 
pungli atau pungutan liar merupakan pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau di pungut. kebanyakan pungli dilakukan oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli di golongkan ilegal dan di golongkan KKN tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia. menurut hasil studi dari pusat studi Asia pasifik Universitas Gajah Mada bekerja sama dengan United State Agency for international Development (USAID) pada tahun 2004, biaya pungli yang dikeluarkan oleh para pengusaha di sektor industri manufaktur berorientasi ekspor saja, pertahunnya bisa mencapai 3 trilyun rupiah.
tidak hanya itu yang paling mengiris hati adalah pungli di wilayah peradilan yang tidak semua para pencari keadilan tergolong mampu dalam hal financial mengadukan nasibnya dalam berperkara dalam ranah hukum. 
berikut ini tabel persentase pungutan liar di beberapa lingkungan aparat birokrasi :

kenapa pungli susah untuk hilang di bumi indonesia ? ada beberapa penyebabnya yang para pembaca bisa menimbang-nimbang apakah benar atau tidak :
  1. kesejahteraan para aparatur termasuk kurang (menurut pengakuan mereka). ada benarnya juga sebab jikalau Pemerintah menaikkan gaji mereka maka serta merta harga kebutuhan hidup juga naik, jadi pada dasarnya tidak ada perubahan karena harga naik harga kebutuhan juga ikut naik.
  2. ada kepuasan tersendiri oleh aparat negara apabila bisa mendapatkan pemasukan dilauar gaji yang pada dasarnya mereka tahu berapa jumlah yang akan mereka terima tiap awal bulannya sebab gaji yang jelas berapa jumlahnya perbulan sudah diatur akan dialokasikan kemana setiap bulannya, mulai dari kontrakan rumah misalnya, bayar listrik, air telepon, biaya SPP anak, makan selama sebulan dan lain lain yang peruntukannya tiap bulan itu jelas akan lari kemana dan ketika ada pemasukan diluar gaji maka itu akan dialokasikan ke hel-hal yang sifatnya menambal kebutuhan lain atau uporia atau apalah tergantung personnya. yang jelasnya pendapatan tambahan punya nilai seni tersendiri.
  3. masyarakat juga yang mengajari aparat secara tidak langsung untuk melakukan pungli sampai pada akhirnya aparat sudah merasa keenakan dan terbiasa dengan hal itu. salah satu bukti misalnya pada kasus tilang oleh polisi yang sebenarnya polisi sudah melakukan tugasnya sebagaimana mestinya namun masyarakat yang tidak mau repot dengan urusan sidang dan tilang maka mereka lebih memilih untuk merogoh koceknya untuk dapat dipermudah urusannya. jadi secara tidak langsung dan sadar bahwa masyarakatlah juga yang mengajari aparat untuk melakukan pungli. sifat yang tidak mau repot dan selalu mau cepat dan instat dari masyarakat yang menjadi penyebab kenapa pungli telah mendarah daging kepada aparat negara.
  4. tidak adanya keseriusan dan niat baik pemerintah untuk menghilangkan pungli dari bumi indonesia. sebab hasil dari pungli bisa sangat besar sesuai dengan jabatan dan besarnya pengaruh serta besarnya efek yang ditimbulkan dari kebijakan untuk meloloskan sebuah kepentingan satu orang atau kelompok tertentu.
  5. ketidak tegasan para aparat yang dtunjuk itu dalam melakukan tugasnya sebab merekapun kadang-kadang sering di perhadapkan dengan rayuan dan iming-iming supaya mereka menutup sebelah mata.
  6. tidak adanya program-program penyadaran masyarakat untuk hal tentang bahaya dan ancaman hukuman Pungli dan kalaupun ada itupun hanya sifatnya ceremonial.
  7. dan satu lagi alasan kenapa pungli sulit diberantas hal ini disebabkan karena sebagian besar khususnya Pegawai negeri sipil mengambil kredit di Bank dengan jumlah besar yang cicilannya bisa dilunasi dalam jangka waktu tahunan yang lama sehingga gaji perbulan tidak cukup untuk kebutuhan sehari karena di potong dengan kredit bank. sehingga mereka berpikir untuk mencari pendapatan lain diluar daripada gaji bulanan yang uda kena potongan, yang salah satu alternatifnya adalah dengan mengadakan pungutan-pungutan yang seharusnya tidak ada.
bagaimana nasib indonesia kedepan semuanya ad di tangan kita. wujudkan Indonesia bebas Pungli dan KKN bukan sekedar Mitos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik yang baik adalah yang menawarkan solusi